Suatu ketika Abu
Hanifah menjumpai Imam Malik yang tengah duduk bersama para sahabatnya.
Setelah Abu Hanifah keluar, Imam Malik menoleh kepada mereka dan
berkata, 'Tahukan kalian, siapa dia?" mereja menjawab, 'Tidak." Beliau
berkata, 'Dialah Nu'man bin Tsabit, yang seandainya berkata bahwa tiang
masjid itu emas, nescaya perkataannya menjadi dipakai orang sebagai
hujah."
Tidaklah berlebihan apa yang dikatakan Imam Malik dalam menggambarkan diri Abu Hanifah, sebab beliau memang memiliki kekuatan dalam berhujjah, cepat daya tangkapnya, cerdas dan tajam wawasannya.
Buku sejarah dan kisah sangat banyak menggambarkan kekuatan hujahnya dalam menghadapi lawan bicaranya ketika berdebat, begitu pula ketika menghadapi penentang akidah. Semuanya membuktikan kebenaran pujian Imam Malik, 'Seandainya dia mengatakan bahwa tanah di tanganmu itu emas, maka engkau akan membenarkannya kerana alasannya yang tepat dan mengikuti pernyataannya." Bagaimana pula jika yang dipertahankan adalah kebenaran, dan hujahnya untuk membela kebenaran?"
Sebagai bukti, ada seorang dari Kuffah yang disesatkan oleh Allah. Dia termasuk orang terkenal dan didengari omongannya. Laki-laki itu menuduh di hadapan orang-orang bahwa Utsman bin Affan asalnya adalah Yahudi, lalu menganut Yahudi lagi setelah Islamnya.
Demi mendengar berita tersebut, Abu Hanifah bergegas menjumpainya dan berkata, 'Aku datang kepadamu untuk meminang putrimu yang bernama fulanah untuk seorang sahabatku." Dia berkata, 'Selamat atas kedatangan anda. Orang seperti Anda tidak layak ditolak keperluannya wahai Abu Hanifah. Akan tetapi, siapakah peminang itu?" beliau menjawab, 'Seorang yang terkemuka dan terhitung kaya di tengah kaumnya, dermawan dan ringan tangan, hafal Kitabullah, menghabiskan malam dengan satu ruku' dan sering menangis kerana takwa dan takutnya kepada Allah."
Laki-laki itu berkata, 'Wah.. wah.., cukup wahai Abu Hanifah, sebahagian saja yang Anda sebutkan sudah cukup baginya untuk meminang seorang putri Amirul Mukminin." Abu Hanifah berkata, 'Hanya saja ada satu hal yang perlu Anda pertimbangkan." Dia bertanya, 'Apakah itu?" Abu Hanifah berkata, 'Dia seorang Yahudi." Mendengar hal itu, orang itu terperanjat dan bertanya-tanya, 'Yahudi?! Apakah Anda ingin saya menikahkan putri saya dengan seorang Yahudi wahai Abu Hanifah? Demi Allah aku tidak akan menikahkan putriku dengannya, walaupun dia memiliki segalanya dari yang awal sampai yang akhir."
Lalu Abu Hanifah berkata, 'Engkau menolak menikahkan putrimu dengan seorang Yahudi dan engkau mengingkarinya dengan kerasnya, tapi engkau sebarkan berita kepada orang-orang bahwa Rasulullah saw. telah menikahkan kedua putrinya dengan Yahudi (yakni Utsman)?"
Seketika orang itu gemetaran tubuhnya lalu berkata, 'Asataghfirullah, aku memohon ampun kepada Allah atas kata-kata buruk yang aku katakan. Aku bertaubat dari tuduhan busuk yang saya lontarkan."
Contoh lain ada seorang khawarij bernama Adh-Dhahak Asy-Syari pernah datang menemui Abu Hanifah dan berkata:
Adh-Dhahak, 'Wahai Abu Hanifah, bertaubatlah Anda."
Abu Hanifah, 'Bertaubat dari apa?"
Adh-Dhahak, 'Dari pendapat Anda yang membenarkannya tahkim antara Ali dan Muawiyah."
Abu Hanifah, 'Mahukan Anda berdiskusi dengan saya dalam masalah ini?"
Adh-Dhahak, 'Baiklah, saya bersedia."
Abu Hanifah, 'Bila kita nanti berselisih paham, siapa yang akan menjadi hakim di antara kita?"
Adh-Dhahak, 'Pilihlah sesuka Anda."
Abu Hanifah menoleh kepada seorang Khawarij lain yang menyertai orang itu lalu berkata:
Abu Hanifah, 'Engkau menjadi hakim di antara kami." (dan kepada orang pertama beliau bertanya,) 'Saya rela kawanmu menjadi hakim, apakah engkau juga rela?"
Adh-Dhahak, 'Ya, saya rela."
Abu Hanifah, 'Bagaimana ini, engkau menerima tahkim atas apa yang terjadi di antara saya dan kamu, tapi menolak dua sahabat Rasulullah yang bertahkim?"
Maka orang itu pun mati kutu dan tak sanggup berbicara sepatah kata pun.
Contoh yang lain lagi, bahwa Jahm bin Sofwan, ketua kelompok Jahmiyah yang sesat, penyebar bid'ah dan ajaran sesat di bumi pernah mendatangi Abu Hanifah seraya berkata:
Jahm, 'Saya datang untuk membicarakan beberapa hal yang sudah saya persiapkan."
Abu Hanifah, 'Berdialog denganmu adalah cela dan larut dengan apa yang kamu bicarakan bererti neraka yang menyala-nyala."
Jahm, 'Bagaimana Anda boleh menuduh saya demikian, padahal Anda belum pernah bertemu denganku sebelumnya dan belum pernah mendengar pendapat-pendapat saya?"
Abu Hanifah, 'Telah sampai kepada saya berita-berita tentangmu yang telah berpendapat dengan pendapat yang tidak layak keluar dari mulut ahli kiblat (muslim).
Jahm, 'Anda menghakimi saya secara sepihak?"
Abu Hanifah, 'Orang-orang umum dan khusus sudah mengetahui perihal Anda, sehingga boleh bagiku menghukumi dengan sesuatu yang telah mutawatir khabarnya tentang Anda."
Jahm, 'Saya tidak ingin membicarakan dan menanyakan tentang apa-apa kecuali tentang keimanan."
Abu Hanifah, 'Apakah hingga saat ini kamu belum mengetahui juga tentang masalah itu hingga perlu menanyakan kepada saya?"
Jahm, 'Saya memang sudah paham, namun saya meragukan salah satu bahagiannya."
Abu Hanifah, 'Keraguan dalam keimanan adalah kufur."
Jahm, 'Anda tidak boleh menuduh saya kufur sebelum mendengar tentang apa yang menyebabkan saya kufur."
Abu Hanifah, 'Silakan bertanya!"
Jahm, 'Telah sampai kepadaku tentang seorang yang mengenal dan mengakui Allah dalam hatinya bahwa Dia tak punya sekutu, tak ada yang menyamai-Nya dan mengetahui sifat-sifat-Nya, lalu orang itu mati tanpa menyatakan dengan lisannya, orang ini dihukumi mukmin atau kafir?"
Abu Hanifah, 'Dia mati dalam kafir dan menjadi penghuni neraka bila tidak menyatakan dengan lidahnya apa yang diketahui oleh hatinya, selagi tidak ada penghalang baginya untuk mengatakannya."
Jahm, 'Mengapa tidak dianggap sebagai mukmin padahal dia mengenal Allah dengan sebenar-benarnya?"
Abu Hanifah, 'Bila Anda beriman kepada Al-Qur'an dan mahu menjadikannya sebagai hujjah, maka saya akan meneruskan bicara. Tapi jika engkau tidak beriman kepada Al-Qur'an dan tidak memakainya sebagai hujjah, maka bererti saya sedang berbicara dengan orang yang menentang Islam."
Jahm, 'Bahkan saya mengimani dan menjadikannya sebagai hujjah."
Abu Hanifah, 'Sesungguhnya Allah menjadikan iman atas dua sendi, iaitu dengan hati dan lisan, bukan dengan salah satu darinya. Kitabullah dan hadits Rasulullah jelas-jelas menyatakan hal itu:
'Dan apabila mereka mendengarkan apa yang diturunkan kepada Rasul (Muhammad), kamu Lihat mata mereka mencucurkan air mata disebabkan kebenaran (Al Quran) yang telah mereka ketahui (dari Kitab-Kitab mereka sendiri); seraya berkata: "Ya Tuhan Kami, Kami telah beriman, Maka catatlah Kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (atas kebenaran Al Quran dan kenabian Muhammad s.a.w.). Mengapa Kami tidak akan beriman kepada Allah dan kepada kebenaran yang datang kepada Kami, Padahal Kami sangat ingin agar Tuhan Kami memasukkan Kami ke dalam golongan orang-orang yang saleh ?". Maka Allah memberi mereka pahala terhadap Perkataan yang mereka ucapkan, (iaitu) surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya, sedang mereka kekal di dalamnya. dan Itulah Balasan (bagi) orang-orang yang berbuat kebaikan (yang ikhlas keimanannya)," (Al-Maidah: 83-85).
Kerana mereka mengetahui kebenaran dalam hati lalu menyatakannya dengan lisan, maka Allah memasukkannya ke dalam surga yang di dalamnya terdapat sungai-sungai yang mengalir kerana pernyataan keimanannya itu. Allah Ta'ala juga berfirman:
'Katakanlah (hai orang-orang mukmin): 'Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada Kami, dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Isma'il, Ishaq, Ya'qub dan anak cucunya, dan apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeza-bezakan seorang pun diantara mereka dan Kami hanya tunduk patuh kepada-Nya'," (Al-Baqarah: 136).
Allah menyuruh mereka mengucapkannya dengan lisan, tidak hanya cukup dengan ma'rifah dan ilmu saja. Begitu pula dengan hadits Rasulullah saw, 'Ucapkanlah, Laa ilaaha illallah, nescaya kalian akan beruntung."
Maka belumlah dikatakan beruntung bila hanya sekadar mengenal dan tidak dikukuhkan dengan kata-kata.
Rasulullah saw. bersabda, 'Akan dikeluarkan dari neraka barang siapa megucapkan laa ilaaha illallah.."
Dan Nabi tidak mengatakan, 'Akan dikeluarkan dari neraka barang siap yang mengenal Allah."
Kalau saja pernyataan lisan tidak diperlukan dan cukup hanya sekadar dengan pengetahuannya, nescaya Iblis juga termasuk mukmin, sebab dia mengenal Rabbnya, tahu bahwa Allahlah yang menciptakannya, juga yang akan membangkitkannya, tahu bahwa Allah menyesatkannya. Allah Ta'ala berfirman tatkala menirukan perkataannya.
'Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedangkan ia Engkau ciptakan dari tanah," (Al-A'raf: 12).
Kemudian:
'Berkata Iblis, 'Ya Tuhanku, (kalau begitu) maka beri tanggulah kepadaku sampai hari manusia dibangkitkan'." (Al-Hijr: 36).
Juga firman Allah Ta'ala:
'Iblis menjawab, 'Kerana Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yagn lurus," (Al-A'raf: 16).
Seandainya apa yang engkau katakan itu benar, nescaya banyaklah orang-orang kafir yang dianggap beriman kerana mengetahui Rabbnya walaupun mereka ingkar dengan lisannya.
Firman Allah Ta'ala:
'Dan mereka mengingkarinya kerana kezaliman dan kesombongan (mereka) padahal hati mereka meyakini kebenarannya," (An-Naml: 14).
Padahal mereka tidak disebut mukmin meski meyakininya, justru dianggap kafir kerana kepalsuan lisan mereka.
Abu Hanifah terus menyerang Jahm bin Shafwan dengan hujjah-hujjah yang kuat, adakalanya dengan Al-Qur'an dan adakalanya dengan hadits-hadits. Akhirnya orang itu malu dan tampaklah raut kehinaan dalam wajahnya. Dia berjalan dari hadapan Abu Hanifah sambil berkata, 'Anda telah mengingatkan sesuatu yang telah saya lupakan, saya akan kembali kepada Anda." Lalu dia pergi untuk tidak kembali.
Kisah yang lain, sewaktu Abu Hanifah berjumpa dengan orang-orang atheis yang mengingkari Al-Khaliq. Beliau bercerita kepada mereka:
'Bagaimana pendapat kalian, jika ada sebuah kapal diberi muatan barang-barang, penuh dengan barang-barang dan beban. Kapal tersebut mengarungi samudera. Gelombangnya kecil dan anginnya tenang. Akan tetapi setelah kapalnya sampai di tengah tiba-tiba terjadi badai besar. Anehnya kapal terus berlayar dengan tenang sehingga tiba di tempat yang di tuju sesuai dengan rencana tanpa goncangan dan berbelok arah, padahal tak ada nahkoda yang mengemudikan dan mengendalikan kapal. Masuk akalkah cerita ini?"
Mereka berkata, 'Tidak mungkin. Itu adalah sesuatu yang tidak boleh diterima oleh akal, bahkan oleh khayal sekalipun, wahai syaikh. Lalu Abu Hanifah berkata, 'Subhanallah, kalian mengingkari adanya kapal yang berlayar sendiri tanpa pengemudi, namun kalian mengakui bahwa alam semesta yang terdiri dari lautan yang membentang, langit yang penuh bintang dan benda-benda langit serta burung yang berterbangan tanpa adanya Pencipta yang sempurna penciptaan-Nya dan mengaturnya dengan cermat?! Celakalah kalian, lantas apa yang membuat kalian ingkar kepada Allah?"
Begitulah, Abu Hanifah menghabiskan seluruh hidupnya untuk menyebarkan dakwah dengan kekuatan hujah yang dianugerahkan Al-Khaliq kepadanya. Beliau menghadapi para penentang dengan hujahnya yang tepat.
Tatkala ajal menjemputnya, ditemukan wasiat beliau yang berpesan agar dikebumikan di tanah yang baik, jauh dari segala tempat yang berstatus syubhat (tidak jelas) atau hasil ghasab.
Ketika wasiat itu didengar oleh khalifah Al-Manshur beliau berkata, 'Siapa lagi orang yang lebih bersih dari Abu Hanifah dalam hidup dan matinya."
Di samping itu, beliau juga berpesan agar jenazahnya kelak dimandikan oleh Al-Hasan bin Amarah. Setelah melaksanakan pesannya, Ibnu Amarah berkata, 'Semoga Allah merahmati Anda wahai Abu Hanifah, semoga Allah mengampuni dosa-dosa Anda kerana jasa-jasa yang telah Anda kerjakan, sungguh Anda tidak pernah putus asa selama tiga puluh tahun, tidak berbantal ketika tidur selama empat puluh tahun, dan kepergian Anda akan membuat lesu para fuqaha setelah Anda."
Tidaklah berlebihan apa yang dikatakan Imam Malik dalam menggambarkan diri Abu Hanifah, sebab beliau memang memiliki kekuatan dalam berhujjah, cepat daya tangkapnya, cerdas dan tajam wawasannya.
Buku sejarah dan kisah sangat banyak menggambarkan kekuatan hujahnya dalam menghadapi lawan bicaranya ketika berdebat, begitu pula ketika menghadapi penentang akidah. Semuanya membuktikan kebenaran pujian Imam Malik, 'Seandainya dia mengatakan bahwa tanah di tanganmu itu emas, maka engkau akan membenarkannya kerana alasannya yang tepat dan mengikuti pernyataannya." Bagaimana pula jika yang dipertahankan adalah kebenaran, dan hujahnya untuk membela kebenaran?"
Sebagai bukti, ada seorang dari Kuffah yang disesatkan oleh Allah. Dia termasuk orang terkenal dan didengari omongannya. Laki-laki itu menuduh di hadapan orang-orang bahwa Utsman bin Affan asalnya adalah Yahudi, lalu menganut Yahudi lagi setelah Islamnya.
Demi mendengar berita tersebut, Abu Hanifah bergegas menjumpainya dan berkata, 'Aku datang kepadamu untuk meminang putrimu yang bernama fulanah untuk seorang sahabatku." Dia berkata, 'Selamat atas kedatangan anda. Orang seperti Anda tidak layak ditolak keperluannya wahai Abu Hanifah. Akan tetapi, siapakah peminang itu?" beliau menjawab, 'Seorang yang terkemuka dan terhitung kaya di tengah kaumnya, dermawan dan ringan tangan, hafal Kitabullah, menghabiskan malam dengan satu ruku' dan sering menangis kerana takwa dan takutnya kepada Allah."
Laki-laki itu berkata, 'Wah.. wah.., cukup wahai Abu Hanifah, sebahagian saja yang Anda sebutkan sudah cukup baginya untuk meminang seorang putri Amirul Mukminin." Abu Hanifah berkata, 'Hanya saja ada satu hal yang perlu Anda pertimbangkan." Dia bertanya, 'Apakah itu?" Abu Hanifah berkata, 'Dia seorang Yahudi." Mendengar hal itu, orang itu terperanjat dan bertanya-tanya, 'Yahudi?! Apakah Anda ingin saya menikahkan putri saya dengan seorang Yahudi wahai Abu Hanifah? Demi Allah aku tidak akan menikahkan putriku dengannya, walaupun dia memiliki segalanya dari yang awal sampai yang akhir."
Lalu Abu Hanifah berkata, 'Engkau menolak menikahkan putrimu dengan seorang Yahudi dan engkau mengingkarinya dengan kerasnya, tapi engkau sebarkan berita kepada orang-orang bahwa Rasulullah saw. telah menikahkan kedua putrinya dengan Yahudi (yakni Utsman)?"
Seketika orang itu gemetaran tubuhnya lalu berkata, 'Asataghfirullah, aku memohon ampun kepada Allah atas kata-kata buruk yang aku katakan. Aku bertaubat dari tuduhan busuk yang saya lontarkan."
Contoh lain ada seorang khawarij bernama Adh-Dhahak Asy-Syari pernah datang menemui Abu Hanifah dan berkata:
Adh-Dhahak, 'Wahai Abu Hanifah, bertaubatlah Anda."
Abu Hanifah, 'Bertaubat dari apa?"
Adh-Dhahak, 'Dari pendapat Anda yang membenarkannya tahkim antara Ali dan Muawiyah."
Abu Hanifah, 'Mahukan Anda berdiskusi dengan saya dalam masalah ini?"
Adh-Dhahak, 'Baiklah, saya bersedia."
Abu Hanifah, 'Bila kita nanti berselisih paham, siapa yang akan menjadi hakim di antara kita?"
Adh-Dhahak, 'Pilihlah sesuka Anda."
Abu Hanifah menoleh kepada seorang Khawarij lain yang menyertai orang itu lalu berkata:
Abu Hanifah, 'Engkau menjadi hakim di antara kami." (dan kepada orang pertama beliau bertanya,) 'Saya rela kawanmu menjadi hakim, apakah engkau juga rela?"
Adh-Dhahak, 'Ya, saya rela."
Abu Hanifah, 'Bagaimana ini, engkau menerima tahkim atas apa yang terjadi di antara saya dan kamu, tapi menolak dua sahabat Rasulullah yang bertahkim?"
Maka orang itu pun mati kutu dan tak sanggup berbicara sepatah kata pun.
Contoh yang lain lagi, bahwa Jahm bin Sofwan, ketua kelompok Jahmiyah yang sesat, penyebar bid'ah dan ajaran sesat di bumi pernah mendatangi Abu Hanifah seraya berkata:
Jahm, 'Saya datang untuk membicarakan beberapa hal yang sudah saya persiapkan."
Abu Hanifah, 'Berdialog denganmu adalah cela dan larut dengan apa yang kamu bicarakan bererti neraka yang menyala-nyala."
Jahm, 'Bagaimana Anda boleh menuduh saya demikian, padahal Anda belum pernah bertemu denganku sebelumnya dan belum pernah mendengar pendapat-pendapat saya?"
Abu Hanifah, 'Telah sampai kepada saya berita-berita tentangmu yang telah berpendapat dengan pendapat yang tidak layak keluar dari mulut ahli kiblat (muslim).
Jahm, 'Anda menghakimi saya secara sepihak?"
Abu Hanifah, 'Orang-orang umum dan khusus sudah mengetahui perihal Anda, sehingga boleh bagiku menghukumi dengan sesuatu yang telah mutawatir khabarnya tentang Anda."
Jahm, 'Saya tidak ingin membicarakan dan menanyakan tentang apa-apa kecuali tentang keimanan."
Abu Hanifah, 'Apakah hingga saat ini kamu belum mengetahui juga tentang masalah itu hingga perlu menanyakan kepada saya?"
Jahm, 'Saya memang sudah paham, namun saya meragukan salah satu bahagiannya."
Abu Hanifah, 'Keraguan dalam keimanan adalah kufur."
Jahm, 'Anda tidak boleh menuduh saya kufur sebelum mendengar tentang apa yang menyebabkan saya kufur."
Abu Hanifah, 'Silakan bertanya!"
Jahm, 'Telah sampai kepadaku tentang seorang yang mengenal dan mengakui Allah dalam hatinya bahwa Dia tak punya sekutu, tak ada yang menyamai-Nya dan mengetahui sifat-sifat-Nya, lalu orang itu mati tanpa menyatakan dengan lisannya, orang ini dihukumi mukmin atau kafir?"
Abu Hanifah, 'Dia mati dalam kafir dan menjadi penghuni neraka bila tidak menyatakan dengan lidahnya apa yang diketahui oleh hatinya, selagi tidak ada penghalang baginya untuk mengatakannya."
Jahm, 'Mengapa tidak dianggap sebagai mukmin padahal dia mengenal Allah dengan sebenar-benarnya?"
Abu Hanifah, 'Bila Anda beriman kepada Al-Qur'an dan mahu menjadikannya sebagai hujjah, maka saya akan meneruskan bicara. Tapi jika engkau tidak beriman kepada Al-Qur'an dan tidak memakainya sebagai hujjah, maka bererti saya sedang berbicara dengan orang yang menentang Islam."
Jahm, 'Bahkan saya mengimani dan menjadikannya sebagai hujjah."
Abu Hanifah, 'Sesungguhnya Allah menjadikan iman atas dua sendi, iaitu dengan hati dan lisan, bukan dengan salah satu darinya. Kitabullah dan hadits Rasulullah jelas-jelas menyatakan hal itu:
'Dan apabila mereka mendengarkan apa yang diturunkan kepada Rasul (Muhammad), kamu Lihat mata mereka mencucurkan air mata disebabkan kebenaran (Al Quran) yang telah mereka ketahui (dari Kitab-Kitab mereka sendiri); seraya berkata: "Ya Tuhan Kami, Kami telah beriman, Maka catatlah Kami bersama orang-orang yang menjadi saksi (atas kebenaran Al Quran dan kenabian Muhammad s.a.w.). Mengapa Kami tidak akan beriman kepada Allah dan kepada kebenaran yang datang kepada Kami, Padahal Kami sangat ingin agar Tuhan Kami memasukkan Kami ke dalam golongan orang-orang yang saleh ?". Maka Allah memberi mereka pahala terhadap Perkataan yang mereka ucapkan, (iaitu) surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya, sedang mereka kekal di dalamnya. dan Itulah Balasan (bagi) orang-orang yang berbuat kebaikan (yang ikhlas keimanannya)," (Al-Maidah: 83-85).
Kerana mereka mengetahui kebenaran dalam hati lalu menyatakannya dengan lisan, maka Allah memasukkannya ke dalam surga yang di dalamnya terdapat sungai-sungai yang mengalir kerana pernyataan keimanannya itu. Allah Ta'ala juga berfirman:
'Katakanlah (hai orang-orang mukmin): 'Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada Kami, dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Isma'il, Ishaq, Ya'qub dan anak cucunya, dan apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeza-bezakan seorang pun diantara mereka dan Kami hanya tunduk patuh kepada-Nya'," (Al-Baqarah: 136).
Allah menyuruh mereka mengucapkannya dengan lisan, tidak hanya cukup dengan ma'rifah dan ilmu saja. Begitu pula dengan hadits Rasulullah saw, 'Ucapkanlah, Laa ilaaha illallah, nescaya kalian akan beruntung."
Maka belumlah dikatakan beruntung bila hanya sekadar mengenal dan tidak dikukuhkan dengan kata-kata.
Rasulullah saw. bersabda, 'Akan dikeluarkan dari neraka barang siapa megucapkan laa ilaaha illallah.."
Dan Nabi tidak mengatakan, 'Akan dikeluarkan dari neraka barang siap yang mengenal Allah."
Kalau saja pernyataan lisan tidak diperlukan dan cukup hanya sekadar dengan pengetahuannya, nescaya Iblis juga termasuk mukmin, sebab dia mengenal Rabbnya, tahu bahwa Allahlah yang menciptakannya, juga yang akan membangkitkannya, tahu bahwa Allah menyesatkannya. Allah Ta'ala berfirman tatkala menirukan perkataannya.
'Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedangkan ia Engkau ciptakan dari tanah," (Al-A'raf: 12).
Kemudian:
'Berkata Iblis, 'Ya Tuhanku, (kalau begitu) maka beri tanggulah kepadaku sampai hari manusia dibangkitkan'." (Al-Hijr: 36).
Juga firman Allah Ta'ala:
'Iblis menjawab, 'Kerana Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yagn lurus," (Al-A'raf: 16).
Seandainya apa yang engkau katakan itu benar, nescaya banyaklah orang-orang kafir yang dianggap beriman kerana mengetahui Rabbnya walaupun mereka ingkar dengan lisannya.
Firman Allah Ta'ala:
'Dan mereka mengingkarinya kerana kezaliman dan kesombongan (mereka) padahal hati mereka meyakini kebenarannya," (An-Naml: 14).
Padahal mereka tidak disebut mukmin meski meyakininya, justru dianggap kafir kerana kepalsuan lisan mereka.
Abu Hanifah terus menyerang Jahm bin Shafwan dengan hujjah-hujjah yang kuat, adakalanya dengan Al-Qur'an dan adakalanya dengan hadits-hadits. Akhirnya orang itu malu dan tampaklah raut kehinaan dalam wajahnya. Dia berjalan dari hadapan Abu Hanifah sambil berkata, 'Anda telah mengingatkan sesuatu yang telah saya lupakan, saya akan kembali kepada Anda." Lalu dia pergi untuk tidak kembali.
Kisah yang lain, sewaktu Abu Hanifah berjumpa dengan orang-orang atheis yang mengingkari Al-Khaliq. Beliau bercerita kepada mereka:
'Bagaimana pendapat kalian, jika ada sebuah kapal diberi muatan barang-barang, penuh dengan barang-barang dan beban. Kapal tersebut mengarungi samudera. Gelombangnya kecil dan anginnya tenang. Akan tetapi setelah kapalnya sampai di tengah tiba-tiba terjadi badai besar. Anehnya kapal terus berlayar dengan tenang sehingga tiba di tempat yang di tuju sesuai dengan rencana tanpa goncangan dan berbelok arah, padahal tak ada nahkoda yang mengemudikan dan mengendalikan kapal. Masuk akalkah cerita ini?"
Mereka berkata, 'Tidak mungkin. Itu adalah sesuatu yang tidak boleh diterima oleh akal, bahkan oleh khayal sekalipun, wahai syaikh. Lalu Abu Hanifah berkata, 'Subhanallah, kalian mengingkari adanya kapal yang berlayar sendiri tanpa pengemudi, namun kalian mengakui bahwa alam semesta yang terdiri dari lautan yang membentang, langit yang penuh bintang dan benda-benda langit serta burung yang berterbangan tanpa adanya Pencipta yang sempurna penciptaan-Nya dan mengaturnya dengan cermat?! Celakalah kalian, lantas apa yang membuat kalian ingkar kepada Allah?"
Begitulah, Abu Hanifah menghabiskan seluruh hidupnya untuk menyebarkan dakwah dengan kekuatan hujah yang dianugerahkan Al-Khaliq kepadanya. Beliau menghadapi para penentang dengan hujahnya yang tepat.
Tatkala ajal menjemputnya, ditemukan wasiat beliau yang berpesan agar dikebumikan di tanah yang baik, jauh dari segala tempat yang berstatus syubhat (tidak jelas) atau hasil ghasab.
Ketika wasiat itu didengar oleh khalifah Al-Manshur beliau berkata, 'Siapa lagi orang yang lebih bersih dari Abu Hanifah dalam hidup dan matinya."
Di samping itu, beliau juga berpesan agar jenazahnya kelak dimandikan oleh Al-Hasan bin Amarah. Setelah melaksanakan pesannya, Ibnu Amarah berkata, 'Semoga Allah merahmati Anda wahai Abu Hanifah, semoga Allah mengampuni dosa-dosa Anda kerana jasa-jasa yang telah Anda kerjakan, sungguh Anda tidak pernah putus asa selama tiga puluh tahun, tidak berbantal ketika tidur selama empat puluh tahun, dan kepergian Anda akan membuat lesu para fuqaha setelah Anda."
No comments:
Post a Comment